Rabu, 10 November 2010

Merawat AKI (ACCU)


Ada Masalah dengan AKI anda ...........iya AKI ..
ketok2 kepalanya trus siram dg air panas.
anda pasti ingat iklan di atas.
Saya akan membahas soal aki ( accu, bateray ).
tapi bukan aki yg di tv.
Sumber tenaga listrik di kendaraan bermotor di simpan dalam aki , tenaga listrik yg di hasilkan
oleh dinamo isi ( altenator ) di simpan dalam aki untuk keperluan menghidupkan/menstater kendaraan , menghidupkan radio tape dll. Jika kondisi aki yg tidak baik maka tidak bisa mneyimpan tenaga listrik tsb bisa di pastikan kendaraan mogok. dan tentunya pasti akan dorong mobil deh.
untuk merawat aki tdk susah, bisa kita lakukan sendiri, untuk memperpanjang usia pemakaian aki.
  1. Periksa level air aki jangan sampai kurang ( pastikan vlume air aki pada level UPPER - LOWER ) jika kurang cukup tambahkan dg air tambah ( bisanya botolnya tutup warna biru )
  2. Berikan sedikit pelumas padat/grease pada kepala aki untuk mencegah bunga aki.
  3. Jika terdapat bunga aki cukup siram dg air panas..kayak iklan deh.
  4. Jangan sekali- kali menghubungkan kepala aki positif dan negatif bisa berakibat fatal, ada beberapa orang suka melakukan hal tsb untuk mengecek kondisi aki, biarkan yg ahli untuk melakukan nya.
  5. Sangat di sarankan memberikan penutup dari bahan plastik/karet di atas aki untuk mencegah uap aki mengenai body/tutup ruang mesin yg bisa menyebabkan korosi/keropos.
  6. Jika kendaraan anda menggunakan audio system yg besar atau tambahan beban kelistrikan yg besar, gunakan aki yg lebih besar.
  7. Jika anda harus meninggalkan kendaraan anda dalam waktu cukup lama dan tdk ada yg menjaga nya, lebih baik lepaskan dahulu salah satu kabel yg kepala aki ( cukup kabel negatifnya )hal ini untuk menjaga aki tdk ngedrop .
Selamat mencoba.

Perawatan Vario Tecno


Mesin 4 tak 110 cc Built In Liquid Cooled Radiator. Honda Vario dilengkapi dengan mesin 4 tak 110 cc, dan berpendingin radiator.


Mesin Honda Vario
.

Mempunyai perbandingan kompresi 10,7 : 1, sehingga dengan kapasitas mesin yang 110 cc, dapat menghasilkan tenaga yang besar. Radiator berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin selalu dalam kondisi stabil, dan membuat mesin lebih awet.
Radiator Honda Vario terbuat dari aluminium yang dilengkapi dengan kipas radiator yang menyatu dengan mesin. Sehingga lebih cepat membuang panas mesin dan efisien dalam menjaga suhu mesin.
Karena dilengkapi dengan radiator pendingin, maka pemakai Honda Vario wajib rajin memeriksa kondisi system pendingin. Baik itu kebocoran, jumlah cairan pendingin, dan kondisi cairan pendingin itu sendiri. Cairan pendingin (radiator coolant) tidak boleh di ganti dengan air biasa. Cairan pendingin radiator terbuat dari formula khusus, yang kegunaannya antara lain : tidak mudah mendidih, tidak mudah menguap, dan tidak mudah menimbulkan korosi/karat. Maka agar mesin awet, disarankan selalu melakukan pemeriksaan rutin dan mengganti cairan pendingin dengan yang baru setiap 10.000 km, atau 1 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.

Transmisi Otomatis:
Honda Vario dilengkapi dengan penyalur tenaga transmisi otomatis. Sehingga sangat mudah dioperasikan, karena tidak diperlukan perpindahan gigi transmisi secara manual. Tinggal starter, gas, dan jalan. Penyaluran tenaga dari mesin untuk memutar roda belakang dihubungkan oleh sabuk atau yang biasa disebut belt, yang berbentuk huruf “V”, maka kadang ada yang menyebut V – Belt. Agar performa sepeda motor selalu dalam kondisi baik, maka wajib dilakukan pemeriksaan kondisi belt secara berkala.
Tujuannya adalah untuk membersihkan debu – debu yang berada diruang belt, yang dapat menyebabkan terganggunya proses pemindahan/penyaluran tenaga (biasanya selip). Dan disarankan untuk menggantinya setiap 24.000 km.

Karburator + Cuk Otomatis:
Karburator Honda Vario menggunakan type Vacuum Karburator. Cara kerja karburator model ini adalah, kabel gas tidak langsung terhubung dengan skep karburator, seperti model konvensional. Keuntungan menggunakan karburator type ini adalah bahan bakar masuk kedalam mesin sesuai dengan kebutuhan mesin itu sendiri, berdasarkan kevakuman yang terjadi di intake manifold. Sehingga hal ini akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar yang efisien. Sebagai komponen mesin yang sangat fital, maka karburator wajib dibersihkan setiap 2000 km. Karburator Honda Vario juga dilengkapi dengan cuk otomatis. Pada saat mesin dingin cuk otomatis akan bekerja, yang membantu mempermudah mesin hidup saat di start awal. Dan pada saat mesin sudah panas maka cuk otomatis tidak bekerja. Sehingga sangat praktis.

Handle Brake Lock:
Fitur lain Honda Vario adalah handle brake lock atau rem tangan. Yang berfungsi pada saat parkir ditempat yang menanjak atau menurun, sepeda motor tidak akan meluncur, karena roda belakang terkunci. Untuk mengoperasikan system pengaman ini, tinggal tarik tuas rem belakang, kemudian tarik kearah yang sama tuas kecil yang berada didepan handle rem. Kemudian lepaskan handle rem, maka handle rem belakang akan terkunci, begitu juga roda belakang juga akan terkunci.

Side Stand Switch:
Untuk keselamatan pengendara, Honda Vario dilengkapi dengan side stand switch atau saklar pengaman yang berapa di standar samping. Fungsi dari alat ini adalah mesin tidak bisa hidup, jika standar samping masih pada posisi turun. Ini untuk menghindari kecelakan yang biasa disebabkan oleh karena pengendara yang lupa menaikkan standar samping. Switch ini terhubung dengan modul mesin yang akan memberikan sinyal sesuai dengan posisi standar samping
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...